kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi kali linux

kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi kali linux

kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi kali linux backtrack
Sistem operasi Linux merupakan sebuah sistem operasi komputer yang diciptakan oleh Linux Torvarld. Sistem operasi ini bersifat open source sehingga bisa dikembangkan oleh siapa saja secara bebas. Untuk masa sekarang, beberapa turunan OS yang berasal dari Linux antara lain adalah Kali Linux yang dasar pengembangannya berasal dari Debian.

Banyak pengguna komputer yang berpikir jika Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sulit dijalankan, tidak seperti windows yang mudah dioperasikan. Anggapan semacam inilah yang menjadikan Linux kurang diminati pemakai komputer. Padahal ada beberapa kelebihan sistem operasi Linux, terutama Kali Linux.
kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi kali linuxbacktrack
(tampilan Desktop Kali Linux)
1.Kelebihan Sistem Operasi Kali Linux
Salah satu kelebihan utama yang bisa dirasakan jika menggunakan sistem operasi Kali Linux yaitu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Kali Linux merupakan sistem operasi yang sifatnya free license, sehingga semua fasilitasnya bisa digunakan secara gratis.

Dibanding Windows dari Microsoft yang harus menggunakan Serial Number/Key untuk aktivasi windows 7 , Kali Linux dilengkapi suatu sistem keamanan yang lebih bagus. Dan karena bersifat multi user, virus tidak akan mampu menyebar dari satu user pada user lainnya. Bahkan sampai saat ini kelebihan sistem operasi Kali Linux yang di sukai banyak orang adalah ketahanannya dalam menghadapi serangan, sehingga hampir tidak ada virus yang bisa membobol pertahanan Kali Linux.

Penggunaan windows kadangkala menimbulkan masalah seperti crash program, hang secara tiba-tiba. Bahkan ada yang melakukan restart sendiri meski menu itu sedang tidak dijalankan.  Kondisi ini tentu saja membuat pengguna komputer jadi jengkel, apalagi ketika ada data yang belum sempat disimpan. Kejadian tersebut tidak akan terjadi apabila memakai sistem operasi Kali Linux karena sistem kerjanya lebih stabil.

Mungkin ada pemakai sistem operasi Kali Linux yang kurang puas dengan bentuk desainnya. Hal ini bukan merupakan sebuah masalah serius karena pengguna OS tersebut dengan bebas bisa melakukan perubahan desain sesuai keinginan. Apalagi bagi pemakai yang sudah punya pengalaman terhadap penggunaan Kali Linux.

Selain itu Linux hanya perlu resource dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan Windows. Jadi pengguna yang hanya memiliki komputer dengan spesifikasi rendah, tetap bisa memakai sistem operasi ini dengan nyaman.

Itulah beberapa kelebihan sistem operasi Kali Linux yang dirasakan pengguna. Namun tidak berbeda dengan OS lain seperti Windows, Kali Linux juga mempunya beberapa kelemahan dan kekurangan.

2.Kekurangan sistem operasi Kali Linux
Bagi sebagian orang sistem operasi Kali Linux sangat sulit dipelajari dan dipahami. Terutama bagi pengguna komputer yang kurang begitu memahami tentang sistem pengoperasian gadget tersebut. Selain itu referensi untuk menjalankannya juga sulit didapat. Sangat berbeda dengan windows yang referensinya mudah sekali dicari dimana saja.

Kekurangan sistem operasi Kali Linux yang tidak kalah penting yaitu sampai saat ini belum begitu banyak software atau aplikasi yang bisa mendukung dan support dengan Kali Linux. Bayangkan saja jika ada pengguna komputer membutuhkan aplikasi yang sangat penting namun tidak bisa dijalankan dengan sistem operasi Kali Linux. Tentu sangat merepotkan apabila harus memakai komputer  lain.

Salah satu penyebab utamanya adalah, Kali Linux tidak memiliki kemampuan membuka file dalam format .exe. Padahal hampir semua sistem pengaktifan software selalu mengharuskan penggunanya membuka file dalam format tersebut. Jadi secara otomatis software tidak dapat diaktifkan dan dijalankan.

Hal ini juga sering terjadi terhadap penggunaan hardware-hardware tertentu. Bahkan jumlah hardware atau perangkat keras yang tidak dapat dioperasikan dengan Kali Linux tidak hanya ada satu atau dua jenis perangkat saja. Banyak sekali hardware tertentu yang belum atau tidak bisa digunakan jika menggunakan OS Kali Linux.

Kekurangan sistem operasi Kali Linux adalah proses instalasi yang sulit dan rumit dilakukan terutama oleh orang yang masih awam dengan dunia komputer. Kondisi ini sangat berbeda dengan sistem operasi windows yang dapat diinstall dengan mudah serta tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk mempelajarinya.

Selanjutnya apabila ingin melakukan proses hacking secara maksimal dengan OS Kali Linux, sebagian besar tool atau fiturnya masuk ke dalam terminal. Jadi pengguna harus menyediakan catatan atau menghapalkan semua jenis perintah yang ada di dalam terminal tersebut.

Selain Kali Linux ada juga Linux Backtrack yang memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Itulah beberapa jenis kelebihan dan kekurangan sistem operasi Kali Linux pada komputer dan laptop. Semoga bisa menjadi referensi untuk menentukan pilihan OS yang dianggap paling baik dan memiliki nilai manfaat lebih tinggi.

0 komentar

Post a Comment